Tuesday, December 13, 2016

Solusi belanja tanpa antri panjang untuk bayar di kasir dari Amazon



Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas, selain memenuhi kebutuhan manusia juga memiliki sejumlah keinginan, selalu saja ada kebutuhan/keinginan baru setelah kebutuhan sebelumnya terpenuhi.

Beberapa kebutuhan manusia seperti sandang dan pangan dapat diperoleh melalui belanja, tempat belanja pun beragam mulai dari warung, pasar, minimarket, supermarket, hingga mall. Bahkan saat ini belanja online mulai menjamur di Indonesia, manusia tak perlu lagi cepak-capek datang ke toko maupun mengantri lama untuk mendapatkan suatu barang. Tak jarang juga toko-toko online memberikan beraneka potongan harga yang menarik, bahkan saat artikel ini ditulis di Indonesia telah ditetapkan dan sedang berlangsung "Harbolnas" (Hari Belanja Online Nasional). Toko-toko online se-Indoensia ramai-ramai menawarkan flash sale, diskon, bonus, dan lain sebagainya untuk produk-produk yang mereka jual.

Yang namanya hidup pasti ada baik ada buruknya, yang namanya pilihan pasti ada kelebihan dan kekurangannya, begitu juga dengan tempat belanja. Saat belanja online kita memang bisa mendapatkan suatu barang dengan cepat dan mudah, namun kadang barang yang terlihat di internet berbeda dengan barang aslinya, bahkan ada beberapa orang tak bertanggungjawab yang melakukan modus kejahatan, hal ini menyebabkan banyak calon pelanggan yang mengurungkan niatnya untuk berbelanja di toko online.

Sedangkan untuk toko biasa, hal yang paling sering menjadi keluhan adalah antrean meja kasir yang panjang. Bahkan di dekat penulis ada sebuah toko swalayan yang sangat ramai, begitu ramainya sehingga kadang membutuhkan waktu 15 menit hanya untuk mengantre.

Persoalan mengantre ini ternyata menjadi konsentrasi serius oleh salah satu perusahaan dunia, dan saat ini mereka telah mengeluarkan sebuah solusi yang mengejutkan. Mereka adalah Amazon, dan solusinya adalah Amazon Go.

Amazon Go, adalah sebuah toko fisik dari amazon yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Toko ini diklaim dapat mengatasi masalah antre yang dialami di seluruh dunia. Di Amazon Go, calon pembeli tak perlu lagi mengantre di kasir bahkan tidak ada kasir di Amazon Go. Karena setiap barang yang diambil dari dalam Amazon Go, akan secara otomatis masuk ke dalam virtual cart / kantong belanja virtual layaknya sihir, kemudian saat keluar meninggalkan Amazon Go barang-barang tadi akan otomatis terbayar. Benar-benar otomatis, jangan bayangkan teman-teman semua harus men-scan sendiri belanjaan yang begitu banyak (seperti yang dilakukan mbak-mbak kasir yang cantik) lalu membayar dan mengambil kembaliannya sendiri layaknya kantin kejujuran di sekolah-sekolah.

Tidak ! Amazon Go menggunakan teknologi yang mereka kembangkan sendiri, mereka menyebutnya 'JUST WALKOUT TECHNOLOGY' yang merupakan perpaduan antara sensor, computer vision, deep learning algorithm dan lain sebagainya. Dari pada semakin penasaran dan bingung saya ngomongin apa, langsung saja simak video di bawah ini :


Wah... bagus sekali ya, tapi sayang Amazon Go baru akan tersedia di 2131 7th Ave, Seattle, WA pada awal 2017 nanti. Kapan Indonesia ? Kita doakan saja teman-teman dari dunia IT Indonesia dapat segera membuat teknologi serupa bahkan menemukan yang lebih canggih. Ayo.. kita bersaing untuk melakukannya !

Sumber : https://www.amazon.com/b?ie=UTF8&node=16008589011

Bagikan

Jangan lewatkan

Solusi belanja tanpa antri panjang untuk bayar di kasir dari Amazon
4/ 5
Oleh

Subscribe

Input your email address here :

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>